Blog Remaja Kumpulan Kata-Kata Ucapan Motivasi Kerja, Mutiara Cinta, Cerpen, Puisi, Tips Trik, Zodiak, Ramalan Bintang, Horoskop, Status FB dan Twitter

TIPS Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran dan Model Tepat

Tips Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran dan Model Tepat - Menjelang tahun ajaran baru, apakah Ibu selalu membelikan sepatu sekolah baru untuk si kecil? Aneka model sepatu dengan warna atau corak yang menarik bertebaran di pusat perbelanjaan. Nah sebelum membaca lebih lanjut Tips Cara Memilih Ukuran Sepatu Anak, baca dulu ya Tips Cara Merawat Sepatu Sneakers.

Foto Model Sepatu Anak Terbaru Tips Memilih Sepatu Anak Sehat

Sepatu anak-anak memang beragam model dan harganya. Tak jarang, Ibu lebih mementingkan harga saat membeli sepatu untuk si buah hati. Padahal, selain harga, kenyamanan sepatu bagi kaki si kecil juga penting. Jadi, jangan sampai membeli sepatu dengan sembarang ya, Moms!

Ada sederet manfaat sepatu anak yang mungkin selama ini kurang diperhatikan, antara lain untuk melindungi kaki anak dari benda-benda tajam, membantu membentuk struktur kaki yang benar dan normal, menjaga pertumbuhan serta mengarahkan rotasi tulang tungkai ke arah yang benar. Bahkan, sepatu juga bisa membantu mengoreksi dan memerbaiki beberapa jenis kelainan pada proses tubuh kembang kaki anak.

Perhatikan dengan tepat ukuran sepatu (panjang, lebar dan kedalamannya). Sepatu anak-anak dapat menyebabkan masalah pada kaki, kuku tumbuh ke dalam, hammer toes (jari kaki melengkung karena tikungan di sendi tengah dari jari kaki), kapalan, dan bunions (benjolan tulang abnormal yang membentuk sendi di pangkal jempol kaki).

Kaki pada anak tumbuh dengan cepat, dan mereka memerlukan sepatu baru setiap tiga sampai empat bulan. Balita usia di bawah 16 bulan tumbuh lebih dari satu setengah ukuran kaki dalam dua bulan. Balita dari usia 16-24 bulan tumbuh rata-rata satu setengah ukuran kaki setiap tiga bulan. Anak-anak usia 24-36 bulan, tumbuh berkisar satu setengah kaki ukuran setiap empat bulan, dan anak-anak lebih dari 3 tahun biasanya meningkat setengah ukuran kaki setiap empat sampai enam bulan.

Sepatu tidak boleh terlalu sempit dan sebaiknya juga tidak longgar. Tulang kaki anak belum terbentuk dengan sempurna sampai ia berusia 6 tahun. Tulangnya masih muda dan lunak, otot-otot dan jaringan ikat di kaki juga masih mudah memuai. Sepatu yang kekecilan dapat merusak pertumbuhan kakinya, demikian juga dengan sepatu yang kebesaran.

Konstruksi Sepatu

Sepatu terdiri dari empat bagian: atas, sol dalam (insole), sol luar (outer sole), dan tumit (heel).
Bagian atas sepatu anak harus terbuat dari kulit, kanvas atau bahan yang nyaman. Kaki pada anak cepat berkeringat, dan bagian atas sepatu mereka harus dibuat dari bahan-bahan yang menyerap keringat. Kulit atau kanvas memungkinkan kaki untuk bernapas. Hindari bahan buatan seperti plastik.

- Insole. Pastikan sol dalam (insole) terbuat dari bahan penyerap. Moms mungkin ingin sol empuk. Kebanyakan anak-anak tidak perlu dukungan lengkungan khusus (arch support). Umumnya, balita usia kurang dari 16 bulan memiliki kaki datar dan akan mengembangkan sebuah lengkung kaki pada usia 6 sampai 8 tahun.

- Sol Luar. Sol luar berguna untuk kontraksi atau gesekan, bantalan, dan fleksibilitas untuk sepatu. Beberapa jenis sol luar sangat tebal dan lengket. Sol luar dapat membuat anak kecil sulit bergerak dan menyebabkan jatuh, jadi harus dihindari.

- Tumit. Balita tidak perlu tumit (hak) pada sepatu mereka. Sol datar luar membuatnya lebih mudah untuk mulai berjalan. Anak-anak yang lebih besar dapat memakai sepatu dengan tumit, tetapi tidak boleh terlalu tinggi (lebih tinggi dari satu inci). Tumit tinggi dapat menyebabkan kaki bergeser maju dan kram jari-jari kaki.

Sesuaikan Kebutuhan

- Sepatu Balita. Sepatu untuk balita usia 9 bulan sampai 3 tahun harus memungkinkan kaki bernapas karena kaki lebih banyak berkeringat. Hindari bahan sintetis yang tidak bernapas.

Untuk anak-anak usia 9 sampai 18 bulan, pilih sepatu tinggi (boot) yang stabilitasnya lebih baik daripada oxford atau sepatu tenis biasa. Sepatu kulit atau kanvas dengan tali adalah lebih aman dan pas. Sol sepatu harus halus seperti telapak tangan Moms.

Sol yang halus berarti sedikit gesekan antara sepatu dan lantai. Pilih sepatu ringan, karena anak-anak menggunakan banyak energi saat berjalan pada usia ini.

- Sepatu Anak Sekolah. Gaya dan sepatu yang pas adalah penting untuk anak-anak usia sekolah. Pada usia ini, mereka dapat memilih dari berbagai pilihan, termasuk sepatu atletik, sepatu hiking, dan lain-lain.

Cari sepatu dengan harga terjangkau, fleksibel, berventilasi baik yang memungkinkan banyak ruang untuk pertumbuhan. Jika Moms memiliki banyak kesulitan mencari sepatu yang sesuai, atau jika anak Moms memiliki kapalan, luka atau masalah kaki lainnya, konsultasikan dengan dokter

Semoga informasi mengenai Tips Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran Model Tepat di atas dapat bermanfaat. Kesehatan si buah hati memang harus diperhatikan dari hal-hal yang kecil ya.




Jangan Lupa Like di Bawah ini yahh..!!

TIPS Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran dan Model Tepat

Posted by Remaja Suka, Published at 8:51 AM and have 0 comments
TIPS Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran dan Model Tepat
Blog Remaja Suka
Published: 2014-06-19T08:51:00+07:00
Title: TIPS Cara Memilih Sepatu Anak Ukuran dan Model Tepat
Rating: 5 On 5432 reviews
Link Post: http://remajasuka.blogspot.com/2014/06/tips-cara-memilih-sepatu-anak-ukuran.html
Comments :

No comments:

Post a Comment